Sejarah

Bermula dari merasa adanya kesalahan setelah menjalankan hijrah selama 2 tahun, dimana pada 2 tahun awal hijrah itu hati tidak pernah merasa tenang, sampai pada saat nya ALLAH menghabiskan apa yg selama ini menjadi gantungan, usaha dibuat rugi, tabungan untuk biaya hidup dihabiskan oleh ALLAH. Moment inilah yg ternyata membawa kesadaran akan essensi hijrah yg sebenarnya.

Demikian pengalaman EL Candra yg mendasari terbentuknya konsep Komunitas XBank, pengalaman hijrah yg masih salah diatas sangat mungkin dialami juga oleh rekan2 lain yg hijrah dari lembaga ribawi.

Dengan niat hanya karena ALLAH, konsep Komunitas XBank ini dibuat agar orang yg akan dan sudah hijrah tidak mengalami kesalahan dalam hijrahnya, menjadi tempat saling memotivasi, sharing pengalaman, belajar bersama, saling mendukung baik dalam usaha maupun diluar usaha, dan kegiatan lain yg bermanfaat untuk dunia dan akherat.

Konsep yg tadinya hanya ada dalam laptop dan di presentasikan hanya ke beberapa teman yg dekat saja ternyata dengan kehendak ALLAH bisa di perkenalkan ke publik melalui Arfina Puspitasari (Sekretaris XBank) yg menghubungi EL Candra dan mendorong untuk memperkenalkan konsep Komunitas XBank ini ke publik dengan bantuan Arfina Puspitasari.

Alhamdulillah dengan campur tangan ALLAH ternyata minat orang utk ikut dalam komunitas ini di luar dugaan. Lalu dilakukan lah Pertemuan (Kopdar 1) yg dihadiri oleh EL Candra, Arfina Puspitasari, Yudha Adhyaksa, Firly Ferdiansyah, Daniel Adi, dan 2 orang yg lain di sebuah rumah makan.

Kopdar pertama itu utk merumuskan arah kegiatan XBank dan rencana Kopdar ke 2, yg akhirnya saat di bulan puasa kopdar ke 2 pun bisa dilaksanakan sekalian melakukan acara buka bersama dan jumlah yang hadir sudah semakin banyak termasuk salah satunya Nopan Nopiardi yg saat ini diamanahi sebagai Humas XBank Pusat.

Semakin hari semakin banyak ALLAH mendatangkan orang2 yg ingin membantu XBank sampai pada akhirnya pada tgl 15 Juli 2017, Komunitas XBank di Launching bertempat di gedung De’ Halal Mart lantai 2, JL. Kaliurang km 9, Sleman, Jogjakarta dan dihadiri hampir 400 orang dari berbagai daerah.

Alhamdulillah sampai saat ini Komunitas XBank terus berkembang dengan jumlah anggota per posisi bulan Mei 2018 sudah sebanyak lebih dari 11.000 orang yg tersebar hampir di seluruh Indonesia.